Kembali
Kembali

Solusi Air Minum di Lautan Lepas, SWRO (Sea Water Reverse Osmosis)

Tanggal :08/12/2020 11.34.00 Penulis : M.Su'ud H

SWRO, Solusi Air Minum bagi Industri yang Bergerak di Bidang Kelautan

Apa itu SWRO? SWRO adalah singkatan dari sea water reverse osmosis, atau osmosis terbalik untuk air laut. Mungkin ada yang penasaran dengan fungsi dari mesin ini, tentu saja sesuai namanya, mesin berfungsi untuk merubah air laut yang memiliki kadar garam dan tentunya nilai TDS yang tinggi, dapat diubah menjadi air sehat siap minum. SWRO juga tentu sering ditemukan dan kita jumpai pada beberapa transportasi laut yang menghabiskan sebagian besar umurnya untuk mengarungi lautan. SWRO sangat penting sekali untuk kesehatan dan juga pasokan air terutama bagi awak kapal atau karyawan yang bekerja di bidang refinery atau penambangan minyak bumi lepas pantai. Air yang dihasilkan oleh mesin SWRO tentunya akan bervariasi sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Besarnya kapasitas tersebut dipengaruhi oleh kebutuhan konsumsi yang diperlukan setiap harinya. Mesin SWRO tergolong mesin yang sudah lama dikembangkan oleh para teknisi-teknisi pada masa lalu terutama para awak kapal. Mereka merasa perlu untuk minum air, akan tetapi luasnya samudera di depan mata mereka tidak bisa memuaskan dahaga mereka, hingga pada akhirnya tercetuslah rangkaian mesin SWRO untuk membuat air minum di atas kapal yang sedang berlayar. 

Air Laut Asin Jadi Tawar dengan SWRO

Manusia membutuhkan air minum yang cukup setiap harinya, sampai-sampai ada kebiasaan minum delapan gelas atau sebanyak dua liter minimal setiap hari. Bayangkan saja jika kebutuhan tersebut ternyata juga sangat penting untuk menjaga fokus seseorang dalam berkegiatan, hal itu tentu menunjukkan betapa pentingnya air minum untuk tubuh manusia. Dalam bekerja yang membutuhkan fokus yang tinggi terutama di bidang industri dan teknik operasional tentunya harus didampingi dengan sarana yang memadai khususnya pada poin penting seperti ketersediaan air minum. Air minum yang cukup dan berkualitas akan menimbulkan efek positif pada kelangsungan dan kesehatan organ, sehingga fokus yang prima dapat senantiasa terjaga. Mesin SWRO tentunya memiliki peran penting dalam hal ini, dimana mesin ini dapat menghasilkan air minum yang diproses dari bahan baku utama yaitu air laut. Coba anda bayangkan kebutuhan air minum kapal atau industri pertambangan lepas pantai akan tercukupi hanya dengan menggunakan satu alat saja. Anda tidak perlu lagi untuk menghitung pengeluaran rutin untuk membeli air bersih dari pulau terdekat, atau mungkin bingung ketika persediaan air minum mulai menipis. Dengan adanya mesin SWRO anda dapat lebih fokus untuk meingkatkan kualitas produksi dan kinerja karyawan dalam memenuhi kebutuhan produksi. Mesin SWRO selayaknya menjadi pertimbangan bagi industri yang bergerak di bidang kelautan dan maritim.

Apa Tantangan Pemasangan Mesin SWRO?

  • Lokasi, Akses dan Mobilitas Mesin

Mesin SWRO meski terbilang lebih besar dimensinya jika dibandingkan dengan mesin RO pada umumnya nyatanya tidak terlalu memiliki permasalahan yang signifikan pada proses instalasi baik di kapal maupun tambang minya lepas pantai (oil refinery). Mesin SWRO sendiri sejatinya adalah mesin yang dirangkai sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi sebagai alat untuk merubah air laut menjadi air minum. Tentunya dalam hal ini desain mesin SWRO bisa disesuaikan dengan kapasitas yang dibutuhkan sehingga tidak terjadi over dimension pada badan kapal atau dermaga atau tempat-tempat lainnya. Over dimension tentunya sangat berpengaruh bagi mobilitas mesin SWRO apalagi pada pemasangannya. Sehingga dengan demikian ada kalanya kita harus mempersiapkan dan merencanakan dengan matang lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat pemasangan mesin SWRO karena pada dasarnya mesin ini sangat memungkinkan untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Pemasangan mesin SWRO pada kapal sering kali mengalami masalah ketika tidak terjadi perncanaan yang matang terkait tempat yang akan digunakan sebagai tempat pemasangan mesin SWRO. Sering dijumpai di beberapa kondisi pada saat akan memasang mesin SWRO seperti akses menuju tempat yang sempit sehingga memerlukan beberapa waktu untuk menyesuaikan agar mesin SWRO dapat terpasang dan berfungsi optimal. Sebagian besar orang mungkin sudah memiliki rencana matang terkait tempat yang diinginkan untuk dijadikan lokasi pemasangan mesin SWRO akan tetapi sedikit sekali yang terpintas memikirkan terkait akses untuk pemasangannya sehingga pada akhirnya waktu pemasangan terbuang tercuma dan mesin SWRO tidak kunjung terpasang. Maka agar kondisi-kondisi tersebut tidak terulang di kemudian hari, maka sangat penting pula untuk mempertibangkan dan merencanakan bagaimana kondisi akses yang akan dilalui untuk proses pemasangan mesin SWRO pada badan kapal, bagian bangunan, dan lain-lain.

  • Perbedaan Air Laut dan Air Payau Terkait dengan SWRO

Poin terakhir ini juga sering menjadi masalah dalam pemasangan mesin SWRO. Seperti namanya SWRO adalah mesin yang dapat mengolah air laut menjadi air minum, maka tentunya air yang digunakan sebagai bahan baku atau air baku adalah air yang tergolong sebagai air laut. Kondisi yang seperti ini nampaknya perlu dipahami bagi beberapa orang yang mungkin masih bimbang apakah menggunakan SWRO atau mesin filtrasi lainnya. Air laut tentunya memiliki kandungan garam yang paling tinggi dan juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan air payau. Mengapa hal ini sangat penting untuk menjadi pertimbangan dan dimasukkan ke dalam perencanaan pada saat akan memasang mesin RO? hal ini disebabkan karena spesifikasi mesin SWRO yang tentunya juga berbeda dengan spesifikasi mesin RO pengolah air payau menjadi air minum atau BWRO (brackish water reverse osmosis). 

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot